VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK (E-LKS) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET
Keywords:
validitas, E-LKS, I-CVIAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah guru IPA mengalami kendala saat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, kendala tersebut yaitu kurang aktifnya siswa untuk bertanya saat pembelajaran, serta siswa kurang dalam mengasosiasikan informasi. Selain itu, juga diketahui bahwa, guru dan siswa kelas VII SMPN 2 Kalianget sudah terbiasa menggunakan
internet saat pembelajaran IPA. Oleh karena itu, dibutuhkannya pengembangan bahan ajar elektronik berupa E-LKS pendekatan saintifik berbantuan aplikasi Liveworksheet dengan menggunakan akses internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Siswa Elektronik (E-LKS) Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Menggunakan Liveworksheet untuk siswa kelas VII SMPN 2 Kalianget. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, analisis validitas E-LKS. Uji validitas isi penelitian ini menggunakan Content Validity Index (CVI). Hasil penelitian ini menunjukkan validasi materi, bahasa, dan media diketahui ICVI dan Mean I-CVI = 1,00, serta proporsi penilaian relevan oleh masingmasing validator = 1,00, sehingga menunjukkan bahwa validitas E-LKS pendekatan saintifik terkategori “sesuai”.