INOVASI VIDEO YOUTUBE UNTUK MENGAJARKAN IPA

Authors

  • Satrya Nur Ayu Wahyuni WR Universitas Wiraraja
  • Habibi Habibi Universitas Wiraraja

Keywords:

Inovasi Media, Video YouTube, Pembelajaran IPA

Abstract

YouTube adalah suatu situs web yang banyak diakses hingga mencapai 88% pengguna internet seara global. Pada bidang pendidikan, YouTube juga imanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran dengan beberapa kelebihan dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi siswa, dapat diakses oleh hampir semua perangkat mobile dan mampu menarik minat belajar siswa. Perkembangan video YouTube di dunia pendidikan dapat mendukung perkembangan teknologi di pembelajaran abad 21, yang bisa memaksimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa. Para pengajar IPA, terutama di masa pembelajaran daring, dapat berinovasi memanfaatkan YouTube agar lebih sesuai dengan karakter pembelajaran IPA. Artikel ini menggunakan metode library research untuk memaparkan bagaimana inovasi pada konten video YouTube dapat dilakukan agar sesuai dengan pembelajaran IPA. Inovasi konten video YouTube untuk mengajarkan IPA dapat dilakukan melalui lima jenis video yaitu video
penjelasan konsep, video fakta ilmiah, video simulasi model, video demonstrasi, dan video eksperimen. Selain deskripsi, penulis juga
memasukkan link YouTube sebagai contoh dari masing-masing lima jenis video di atas.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles