PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN
Keywords:
Matematika, Pengembangan, Video PembelajaranAbstract
Pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar (SD) diperlukan penyampaian materi secara nyata.
Dalam menyampaikan materi agar lebih memudahkan dan menarik minat siswa dapat menggunakan bantuan
media berupa video pembelajaran. Penggunaan video pembelajaran bagi siswa SD dapat menjadi lebih menarik
dan mengubah sifat abstrak pelajaran matematika menjadi lebih nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan video pembelajaran matematika materi penjumlahan yang valid dan praktis bagi siswa SDLB
Negeri Metro. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan menggunakan model
pengembangan ploom yang meliputi prelimanary research, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian
adalah siswa SDLB Negeri Metro yang mengalami hambatan tunagrahita. Instrumen penelitian dalam penelitian
ini adalah angket validasi dan kepraktisan. Berdasarkan hasil pengembangan, dapat disimpulkan bahwa: (1)
Produk video pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita mendapatkan nilai validasi ahli materi sebesar
82,5 % kategori sangat valid., (2) Produk video pembelajaran matematika bagi siswa tunagrahita mendapatkan
nilai validasi pembelajaran sebesar 91,7 % kategori sangat layak.