PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII

Authors

  • Dian Kusuma Wardani Universitas KH A. Wahab Hasbullah
  • Emi Lilawati Universitas KH A. Wahab Hasbullah
  • Feni Khoirunnisa Universitas KH A. Wahab Hasbullah
  • Yohana Masruroh Asyirat Universitas KH A. Wahab Hasbullah

Keywords:

hasil belajar, pendidikan agama islaam, team game tournament

Abstract

Kemajuan suatu negara didukung oleh sumber daya manusia yang komprehensif dengan tiga faktor penting, sehat,
cerdas dan berkarakter baik. Namun, kemajuan bangsa tidak akan terwujud apabila karakter buruk semakin
banyak terjadi di negara ini, yang paling mengkhawatirkan adalah keterlibatan siswa. Dalam situasi ini, kegagalan
pendidikan agama adalah hal yang paling sering diperbincangkan. Hal ini terkait dengan fenomena buruknya
akhlak di kalangan pelajar dan lambat laun akan berbahaya bagi keberlangsungan peradaban bangsa. Sehingga
dalam penelitian ini memfokuskan PAI sebagai solusi alternatif terkait dengan karakter siswa. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya beberapa hambatan dalam proses pembelajaran PAI dan rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Tembelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII C di SMPN 2 Tembelang. Metode
yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik analisa data menggunakan uji “t” dan taraf nyata yang
digunakan 0,05(5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran
TGT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis
diperoleh nilai signifikan (0,000) < (0,05). Selain itu, dilihat dari segi perhitungan posttest yang menggunakan
metode pembelajaran TGT menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan pretest yang menggunakan
metode ceramah, sehingga ada peningkatan antara sebelum dan sesudah model pembelajaran tersebut diterapkan.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar PAI di
SMPN 2 Tembelang. Sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan oleh
guru untuk memaksimalkan hasil belajar siswa atau bagi peneliti yang akan melakukan penelitian mengenai model
pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa.

Downloads

Published

2023-08-25