GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE KPSP DI TK ISLAM SALAFIYAH
Keywords:
anak, perkembangan, usia pra sekolahAbstract
Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal jika terdapat interaksi yang terjadi di antara
orang tua dan anak khususnya bila terdapat stimulasi yang tentu dapat memberikan manfaat besar terhadap
perkembangan secara keseluruhan dari anak tersebut. Tanpa stimulasi, penyimpangan tumbuh kembang anak
dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan pada anak usia prasekolah
menggunakan metode kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) di TK Islam Salafiyah kelurahan Klego
kota Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sampel dalam
penelitian ini yaitu semua anak usia prasekolah yang berusia 60-72 bulan yaitu sebanyak 42 orang. Untuk
pengumpulan data menggunakan Kuesioner Pra Skrinning Perkembangan (KPSP). Hasil penelitian didapatkan
data karakteristik responden rata-rata berumur 65 bulan, terdiri dari laki-laki sebanyak 30 (71,4%) anak dan
Perempuan sebanyak 12 (28,6%) anak. Pada usia tersebut terdapat 35 anak (83,3%) memiliki perkembangan
yang sesuai dan 7 anak yang meragukan. Simpulan hampir seluruh responden sebanyak 35 responden
mempunyai perkembangan yang sesuai dan sebagian kecil sebanyak 7 responden mempunyai perkembangan
yang meragukan. Sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 30 anak. Perawat khususnya di
puskesmas diharapkan mampu bekerja sama dengan taman kanak-kanak untuk melakukan penjaringan terhadap
perkembangan anak usia pra sekolah.