LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 04 KOTA METRO
Keywords:
bimbingan kelompok, interaksi sosial, permainanAbstract
Interaksi sosial merupakan kemampuan peserta didik dalam membina hubungan atau relasi dengan orang lain.
Banyak masalah yang terjadi dikalangan peserta didik terkait dengan kemampuan untuk melakukan interaksi
sosial seperti banyak peserta didik yang masih belum bisa bekerjasama dengan kawannya, mudah terpancing
emosi dengan kawan yang memiliki perbedaan watak dan juga hobi. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah
pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan dapat meningkatkan interaksi
sosial peserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro?. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui efektifitas
bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan interaksi sosial peserta didik. Metode
penelitian dilakukan dengan penelitian tindakan layanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro yang berjumlah 10 peserta didik, pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, dan data dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada terjadi peningkatan interaksi sosial peserta didik pada siklus II jika dibandingkan dengan siklus I.
Peserta didik yang diberikan layanan bimbingan dan kelompok mulai memiliki kepercayaan diri, dan juga
memiliki pengetahuan cara berinteraksi social dengan teman sebayanya. Berdasarkan hasil penelitian maka
kesimpulan penelitian adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan dapat meningkatkan
interaksi social peserta didik kelas X SMA Negeri 04 Kota Metro.