PENDAMPINGAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM BERBAHASA ASING PADA PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • Hastuti Retno Kuspiyah Universitas Nurul Huda
  • Nia Kurniati Universitas Nurul Huda
  • Yopi Novanda Universitas Nurul Huda
  • Zulaikah Universitas Nurul Huda
  • Winda Wahyuni Universitas Nurul Huda

Keywords:

Bahasa Inggris, Kompetensi Guru, Pendampingan, Proses Pembelajaran

Abstract

Pendampingan peningkatan kompetensi guru dalam berbahasa asing pada proses pembelajaran Yayasan pondok
pesantren Nurul Huda yang merupakan bentuk solusi dalam upaya mengimplementasikan kurikulum yang sudah
disusun bagi unit-unit didalamnya. Kurikulumnya berisi bahwa guru dalam proses pembelajaran dikelas di
wajibkan menggunakan dua Bahasa asing yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Unit Pendidikan di Yayasan
pondok pesantren Nurul Huda terdiri dari beberapa jenjang baik formal dan informal. Guru diharapkan untuk
mampu memiliki kemampuan dan keterampilan Bahasa asing dengan baik. Tujuan kegiatan ini adalah
meningkatkan kompetensi guru dalam berbahasa asing (Bahasa Inggris) dan juga mampu menggunakannya
pada proses pembelajaran dikelas secara langsung. Sasaran kegiatan adalah seluruh guru yang mengajar pada
unit Yayasan pondok pesantren Nurul Huda dengan metode edukasi dan pelatihan, diskusi dan ceramah, serta
pendampingan Bahasa asing (Bahasa Inggris). Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya
perbedaan yang signifikan pada kemampuan awal dan akhir pada saat proses kegiatan. Lebih jauh lagi
ditemukan bahwa guru sebenarnya sudah memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk dikembangkan dalam
mewujudkan komunikasi berbahasa asing dalam pembelajaran dikelas secara baik.

Downloads

Published

2023-08-25