STUDI KUALITAS PELAYANAN DAN EFISIENSI RUANG HEMODIALISA DI RSUD JENDERAL A. YANI KOTA METRO
Keywords:
hemodialisa, kualitas pelayanan, penyakit ginjal kronisAbstract
Penyakit ginjal kronis (PGK) merupakan masalah kesehatan yang meningkat secara global, dan hemodialisa
menjadi salah satu metode utama dalam pengelolaan PGK yang parah. Kualitas pelayanan rumah sakit, terutama
di ruang hemodialisa, sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pasien dan meningkatkan kredibilitas rumah
sakit di masyarakat. Studi ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan efisiensi ruang hemodialisa di
RSUD Jenderal A. Yani Metro. Metode kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data primer dari survei
kepuasan pasien menggunakan kuisioner, serta data sekunder dari catatan medis dan dokumen terkait. Sampel
yang digunakan adalah 90 pasien hemodialisa di rumah sakit. Hasil dari analisis menunjukkan mayoritas pasien
merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh ruang hemodialisa. Meskipun demikian, terdapat beberapa
aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kejelasan dan kecepatan komunikasi dengan pasien, efisiensi waktu tunggu,
dan informasi yang lebih rinci tentang langkah-langkah perawatan pasca sesi hemodialisa. Dalam evaluasi
efisiensi ruang hemodialisa, ditemukan bahwa kondisi ruang belum memenuhi standar bangunan, dan kurangnya
gudang memadai untuk menyimpan cairan hemodialisa. Perbedaan antara standar pelayanan yang ditetapkan dan
yang sebenarnya juga perlu diperhatikan.