PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO ANIMASI 2D LEGENDA “THE ORIGINS OF LAMPUNG CITY” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X UPAYA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Keywords:
Animasi 2D, Kurikulum Merdeka, Media PembelajaranAbstract
Kegiatan PKM ini berupa pendampingan pembuatan video animasi 2D legenda “The Origins of Lampung City” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris kelas X Upaya Penerapan Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan mendukung penerapan Kurikulum Merdeka yang berbasis kearifan lokal di wilayah Provinsi Lampung pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara siswa SMA PGRI Katibung. Media pembelajaran tersebut berupa video animasi 2D yang mengangkat kisah legenda asal-usul Lampung dan dikemas dalam bahasa Inggris agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Lampung. Masalah utama dalam PKM ini meliputi dua hal. 1) pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi tidak maksimal sehingga menghambat penyampaian informasi dari guru kepada siswa terutama dalam pembentukan karakter materi pokok narrative text dan penanaman nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita. 2) siswa kurang memiliki budaya literasi terhadap naskah-naskah nusantara. Kegiatan ini merupakan kegiatan Program Perberdayaan Masyarakat dengan melibatkan mitra yaitu siswa SMA PGRI Katibung yang berlokasi di Desa Tarahan Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Metode Pembelajaran yang digunakan adalah 1) edukasi dan pelatihan, 2) diskusi dan ceramah, dan 3) pendampingan pembuatan video animasi 2D. Solusi: 1) mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan video animasi 2D, 2) mitra mampu memanfaatkan proses pembuatan video animasi 2D sebagai upaya meningkatkan budaya literasi manuskrip nusantara, 3) mendorong guru untuk melestarikan manuskrip nusantara dalam bentuk digital, 4) melakukan alih media manuskrip ke dalam bentuk digital, dan 5) adanya penerapan hasil penelitian dan PkM pengusul sebelumnya. Kegiatan PKM yang dilakukan telah menghasilkan video animasi sebagai penerapan media Pembelajaran berbasis teknologi telah dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung penyampaian materi narrative text. Kegiatan pendampingan memberikan tambahan pemahaman dalam pemanfaatan gadget yang dimiliki sebagai alat yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi 2D yang dapat membantu dalam pembuatan media Pembelajaran digital secara mandiri.Animasi 2D; Kurikulum Merdeka; Media Pembelajaran