OPTIMALISASI PEMBUDAYAAN LITERASI NUMERASI MELALUI PENYUSUNAN MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BAGI GURU SMP
Keywords:
literasi, modul, numerasi, project based learningAbstract
Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai kecakapan era RI 4.0.
Kemampuan ini sangat membantu siswa menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan kehidupan seharihari.
Untuk itu, sekolah wajib mengembangkan literasi melalui pembudayaan literasi di sekolah baik pada
kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Namun, pembudayaan ini belum merata dengan baik pada semua
sekolah, salah satunya di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Permasalahannya adalah karena rendahnya
keterlibatan guru dalam pelatihan literasi numerasi. Hal ini berdampak kurangnya pengetahuan dan ketrampilan
guru dalam pembudayaan literasi pada kegiatan kurikuler seperti penyusunan modul untuk mendukung literasi
numerasi. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian berupa workshop pembudayaan literasi numerasi.
Metode kegiatan ini workshop penyusunan modul penyusunan PjBl bagi guru SMP Muhammadiyah Sekampung
Udik guna mengoptimalkan budaya literasi numerasi pada kegiatan kurikuler. Tujuan kegiatan ini untuk
meningkatkan pengetahuan literasi numerasi dan ketrampilan guru dalam menyusun modul PjBl guna
mengoptimalkan budaya literasi numerasi. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa peningkatan capaian
pengetahuan dan ketrampilan guru dalam menyusun modul yang mencapai kategori tinggi 7 guru (28%), kategori
sedang 15 guru (60%), dan kategori rendah 3 guru (12%). Kesimpulannya terdapat 88% guru memiliki
pengetahuan literasi numerasi dan ketrampilan dalam menyusun modul PjBl guna mengoptimalkan budaya literasi
numerasi.