PENGEMBANGAN E- MODUL BERBASIS PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MATERI DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENGEMBANGKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMA
Keywords:
E-Modul, 4D, PjBLAbstract
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek) materi recycle limbah untuk mengembangkan berpikir kreatif siswa kelas X SMA TMI Roudlatul Qur'an. (2) Untuk mengukur tanggapa peserta didik dari development E-Modul Berbasis PjBL (Pembelajaran Berbasis Proyek) di Mata Pelajaran recycle limbah Untuk peserta didik Kelas X di SMATMI Roudlatul Qur'an. Jenis eksperimen yang digunakan dalam eksperimen ini adalah Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen pengembangan(R&D). Model yang digunakan peneliti adalah model 4D. Eksperimen dan Pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu Mendefinisikan, Merancang, Mengembangkan, dan Menyebarkan. Subjek eksperimen ini yaitu siswa kelas X IPA 1 SMATMI Roudlatul Qur'an di tahun ajaran 2021/2022. Sebuah angket
digunakan untuk mendapatkan data yang dikumpulkan atau dibutuhkan dan mengukur tangggapan peserta didik dari e-modul yang dibuat. Hasil analisis hasil dari validasi dengan hasil persentase ahli materi yaitu, 88,9% dengan katagori sangat baik, hasil persentase ahli media dan desain yaitu, 94% dan tanggapan yang kurang, cukup dan sangat kurang tidak ada pada tanggapan dari peserta didik yang mengisi angket. Dengan kategori yang sangat baik eksperimen ini menghasilkan nilai persentase 81% dari pengembangan emodul di mata pelajaran recycle limbah.