PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI NILAI KARAKTER PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA
Keywords:
e-modul, berbasis PBL, nilai karakter, biologiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk e-modul
pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning disertai nilai
karakter pada materi Ekosistem yang layak digunakan dalam proses
pembelajaran. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D
yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (Define), perancangan
(Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Desseminate).
Peneliti melakukan penyebaran produk yang sudah valid namun
belum teruji keefektivitasannya, dan e-modul disebarkan dalam skala
yang terbatas yaitu terbatas pada Google Drive saja. E-modul
pembelajaran yang dihasilkan telah melalui tahap validasi yang
dilakukan oleh ahli desain dan ahli materi. Hasil validasi dari ahli
desain mendapatkan persentase 95%. Hasil validasi dari ahli materi
mendapatkan skor persentase 88,5%. Sedangkan hasil skor yang
diperoleh dari respon peserta didik mendapatkan persentase 91%.
Berdasarkan persentase yang diperoleh dari hasil validasi ahli desain,
validasi ahli materi, dan respon peserta didik maka produk e-modul
yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik sehingga dapat
digunakan oleh peserta didik maupun guru dalam proses
pembelajaran.