PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA UMKM ITA KARYA MANDIRI GAYA BARU IV LAMPUNG TENGAH DI MODERASI KEBIJAKAN PEMERINTAH PADA MASA PANDEMI COVID 19
Keywords:
produk, harga, promosi, kebijakan pemerintah, keputusan pembelianAbstract
Kebijakan pemerintah memberikan dampak secara menyeluruh kepada semua pimilik usaha akibat dari dibatasinya kegiatan masyarakat sehingga perlu adanya penyesuaian strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk pada UMKM Ita Karya Mandiri Gaya Baru IV Lampung Tengah dengan kebijakan pemerintah sebagai variabel mediasi. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif atau penelitian verifikatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk, harga, lokasi, promosi dan keputusan pembelian dengan kebijakan pemerintah. Sebagaio variabel moderasi. Populasi dan sampel penelitian adalah konsumen UMKM Ita Karya Mandiri Gaya Baru IV Lampung Tengah dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi tidak berpengaruh dignifikan terhadap keputusan pembelian. Produk, harga, lokasi dan promosi secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kebijakan pemerintah memoderasi atau menurunkan pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen.