PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SEPUTIH MATARAM

Authors

  • Jazim Ahmad
  • Ira Vahlia Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dika Yoga Setiawan

Keywords:

hasil belajar,, pembelajaran realistik

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik menunjukkan belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran di kelas, sehingga hal ini perlu untuk memperbaiki kualitas pembelajaran baik pada pemilihan model pembelajaran, media, maupun strategi pembelajaran itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian perlakuan dengan menggunakan pembelajaran realistik terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 2 Seputih Mataram.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen semu. Artinya peneliti hanya memfokuskan pada variabel penelitian saja tanpa memperhatikan variabel lain diluar penelitian. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP negeri 2 Seputih Mataram dengan sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah soal tes yang terdiri dari 7 soal. Pengolahan data menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran realistik terhadap hasil belajar matematika di SMP Negeri 2 Seputih Mataram.

 

Downloads

Published

2022-10-27