STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PADA PRODUK HIJAB

(Studi Kasus Pada Toko Qolsa Di Kota Metro)

Authors

  • Bambang Suhada Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nani Septiana Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sekar Wulan Amanah Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

Strategi Pemasaran Syariah, Karakteristik Pemasaran Syariah, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pada Toko Qolsa sudah menerapkan karakteristik pemasaran syariah atau belum, dan untuk menentukan strategi pemasaran Syariah yang sebaiknya diterapkan pada Toko Qolsa di Kota Metro pada produk hijabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian campura, yaitu perpaduan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif digunakan untuk meneliti karakteristik pemasaran syariah pada Toko Qolsa, dan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisa strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT dengan objek Internal dan eksternal dari faktor-faktor agar didapatkan strategi pemasaran yang terbaik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan karakteristik pemasaran syariah dan dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis SWOT, bahwa Qolsa Kota Metro telah menerapkan karakteristik pemasaran syariah yang terdiri dari karakter Rabbaniyah (Ketuhanan), Akhlaqiyah (Etis), Al-Waqi’iyyah (Realistis), dan Al-Insaniyah (Humanitas). Kemudian, pada strategi pemasaran yang dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis SWOT oleh penulis, berdasarkan hasil analisis faktor internal dan ekternal produk hijab pada Toko Qolsa di Kota Metro, diperoleh nilai pada matriks IE (Internal-Eksternal) berada pada posisi kuadran II yang berarti bahwa strategi yang harus diterapkan adalah “strategi tumbuh/growth”. Strategi yang sebaiknya dilakukan Qolsa adalah melalui konsentrasi integrasi horizontal.

Downloads

Published

2022-10-31