PENGELOLAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH MUHAMMADIYAH

Authors

  • Marzuki Noor Universitas Muhammadiyah Metro
  • Sutrisni Andayani Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

Kualitas sekolah Muhammadiyah, Pengelolaan Pendidikan

Abstract

Muhammadiyah sebagai bagian dari komponen masyarakat menyelenggarakan Pendidikan untuk pendidikan
Dasar dan Menengah menjadi tanggungjawab Majlis Dikdasmen Muhamamdiyah, Tujuan penelitaian ini adalah
untuk mendiskripsikan pengelolaan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah Muhammadiyah. Subyek
penelitian adalah Ketua Majlis dan Kepala sekolah. Disain penelitiannya Deskriptif Kualitatif, pengumpulan data
dengan Wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi Deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitin
dapat disimpulkan bahwa: pengeloalaan pendidikan dilakukan melalui perencanaan (planning), pengorganisasian
(organizing), penggerakan (actuating), pengawasan atau evaluasi (controling). Kualitas sekolah Muhammadiyah
di Lampung terlihat dari akreditasi sekolah dimana dari SMA-MA dan SMK yang berjumlah 80 sekolah yang
terakreditasi A ada 16 sekolah (20%), terakreditas B ada 35 sekolah (43,75%), terakreditasi C ada 25 sekolah
(31,25%), dan belum terakreditasi ada 4 sekolah (5%), karena masih baru. Jumlah siswa yang terbesar (jumlah
siswa > 1200 siswa) adalah SD-MI sebanyak 2 sekolah (2,6%,) SMA_SMK_MA sebanyak 1 sekolah (2,5%) dan
SMP_MTs sebanyak 2 sekolah (0,9 %). Sekolah yang berkualitas adalah sekolah berprestasi, menambahkan ciri
khas di masing-masing sekolah seperti ciri khas yang menarik seperti Bording School, IT, Takhfidz, peminatan
dsb. Saran dalam penelitian ini hendaknya Majelis Dikdasmen lebih meningkatkan kualitas dengan pembinaan ke
sekolah dan kepala sekolah agar berusaha meningkatkan kualitas sekolah.

Downloads

Published

2023-08-25