PERKULIAHAN PLATFORM DALAM JARINGAN METODE PROJECT BASE LEARNING MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Agus Sujarwanta Universitas Muhammadiyah Metro
  • Nyoto Suseno Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

keterlaksanaan perkuliahan, pembelajaran biologi, platform dalam jaringan

Abstract

Pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Metro sejak masa pandemi Covid 19 telah dilaksanakan
dengan platform dalam jaringan (daring). Bahkan setelah masa pandemi dicabut dan Indonesia sudah
memasuki masa endemi Covid-19, perkuliahan secara daring dilaksanakan dengan frekuensi maksimal 40%
dari pertemuan selama 1 (satu) semester sebanyak 16 kali pertemuan. Namun demikian belum banyak
diungkap perihal keterlaksanaan perkuliahan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran keterlaksnaan perkuliahan daring bagi mahasiswa pascasarjana yang menggunakan metode
project based learning. Penelitian dilakukan dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan dengan instrumen
berupa angket skala Likert. Subyek sasaran survei adalah mahasiswa pendidikan biologi pascasarjana
berjumlah 8 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian berupa
keterlaksanaan perkuliahan daring meliputi empat aspek sebagai berikut: pertama, akses persiapan login dan
pengisian daftar hadir di spada masih terkendala kelancarannya. Kedua, akses materi kuliah yang masih
kurang terdapat pada unggah tugas dan laporan proyek, sedangkan secara maksimal yang dapat dilakukan
pada penguasaan fitur spada dan mengatasi hambatan ujian. Ketiga pengelolaan presentasi share screen
sudah maskimal namun untuk unggah laporan proyek masih diperlukan platform di luar spada. Keempat,
preferensi mahasiswa dalam kuliah secara daring sudah maksimal dan didukung oleh rendahnya kendala
sinyal internet.

Downloads

Published

2023-08-25