PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI LITERASI EKONOMI DIGITAL
Keywords:
literasi ekonomi digital, pengembangan UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui
Literasi Ekonomi Digital di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode
survei. Sampel penelitian berjumlah 146 unit usaha, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Isaac dan Michael
dengan tingkat kesalahan 5%. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang
masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan korelasi product moment dan uji t. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa literasi ekonomi
digital di Kecamatan Purworejo dikategorikan tinggi 59,6%. Sedangkan pengembangan UMKM di Kecamatan
Purworejo dapat dikategorikan tinggi yaitu mencapai 52%, dan pada kategori lain sangat tinggi 15%, rendah 24%
dan sangat rendah 9%. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment menunjukkan ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara Literasi Ekonomi Digital terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
sebesar 50,90%, (r = 0,716, signifikansi < 0,05, thitung = 12. 297) . Sedangkan 49,10% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum literasi ekonomi digital pada
pelaku UMKM di Kecamatan Purworejo dikategorikan tinggi dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
literasi ekonomi digital terhadap pengembangan UMKM sektor kuliner di Kecamatan Purworejo Kabupaten
Purworejo.