PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN AKSI NYATA DI SEKOLAH SEBAGAI BENTUK PENDIDIKAN YANG BERPIHAK KEPADA MURID MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Keywords:
aksi nyata sekolah, guru penggerak, pembelajaran berdiferensiasiAbstract
Pembelajaran menjadi sebuah komponen dalam sistem pendidikan. Upaya tercapainya kualitas pendidikan yang
baik dengan cara memperbaiki kualitas pembelajaran secara maksimal. Salah satu menjaga kualitas
pembelajaran yang baik ialah capaian pembelajaran terpenuhi. Guru penggerak terus berupaya memaksimalkan
pembelajaran berdiferensiasi dengan berkolaborasi. Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran
untuk memberi rasa adil bagi seluruh peserta didik dengan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang
beragam. Guru penggerak bekerjasama dengan guru BK melakukan asesmen diagnostik terhadap peserta didik.
Pelaksanaan asesmen ini dilakukan agar pembelajaran diferensiasi yang dimaksud memberikan kepastian
kepada orang tua. Kepastian tersebut bahwa anak-anak mereka dididik sesuai dengan kebutuhan mereka secara
adil, tidak terdiskriminasi karena adanya kebutuhan belajar yang berbeda dengan kata lain seluruh kegiatan
pembelajaran dapat berpihak kepada murid. Peran guru penggerak berkolaborasi merupakan solusi yang paling
jitu untuk memaksimalkan potensi setiap warga sekolah. Lingkungan sekolah mendukung dari proses
pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan dengan refleksi disetiap akhir pembelajaran semakin mendorong
guru untuk memperbaiki proses pembelajarannya yang pada akhirnya akan berdampak pada peserta didik. Hal
tersebut dilakukan oleh rekan-rekan guru penggerak di lingkungan SD N 1 Bawang Tirto Mulyo, SD N 01
Gunun Sakti, SD IT Insan Cendekia, SMP N 1 Banjar Baru, SMA N 2 Menggala dan SMA IT Budi Luhur.