PELUANG DAN TANTANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI GURU TENAGA KEPENDIDIKAN MA ALAM MUHAMMADIYAH 5 SIDOHARJO, PULUNG, PONOROGO
Keywords:
Artificial Intelligence, Guru dan Artificial Intelligence, MA Alam PulungAbstract
MA Alam Muhammadiyah 5 Sidoharjo, Pulung, Ponorogo merupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang
berbasis alam di Pulung, Ponorogo hingga saat ini. Beberapa guru dan tenaga kependidikan berasal dari daerah
setempat. Mayoritas dari bapak ibu guru selain mengajar juga berprofesi sebagai petani, berkebun dan peternak
sehingga waktu mereka sudah habis dan tidak banyak berfokus kepada perkembangan artificial intelligence.
Padahal masa sekarang kemajuan digital dan literasi harus terus digalakkan hingga pelosok negeri. Maka kami
hadir berusaha membantu bapak ibu guru untuk memahami secara utuh artificial intelligence sehingga guru
mampu mengontrol kelebihan dan kelemahan artificial intelligence dan bisa lebih akrab dengan dunia
pendidikan digital yang terus berkembang. Artificial intelligence ini sebenarnya sangat mudah untuk dipelajari,
dengan syarat harus lebih sering berinteraksi dengan artificial intelligence yang ada. Solusi bagi bapak ibu guru
adalah dengan pelatihan peluang dan tantangan artificial intelligence yang bersifat intensif. Metode
pelaksanaannya dengan diawali assessment guna mengukur tingkat pemahaman awal guru tentang artificial
intelligence. Kedua, penyuluhan dan pelatihan. Pada tahap ini guru diberikan penjelasan secara umum tentang
artificial intelligence dan penggunaannya. Ketiga, proses pendampingan. Tim pakar mendampingi secara
mendalam setiap guru untuk memahami dan mempraktekkan artificial intelligence. Keempat, workshop
pembuatan media pembelajaran menggunakan artificial intelligence di setiap mata pelajaran yang diampu
masing-masing guru di sekolah. Rencana kegiatan sudah kami mulai dengan menghubungi mitra, dan mitra
sudah menyatakan kesiapannya. Kemudian akan kami mulai program pengabdian ini setelah penandatangan
kontrak. Kami sudah mendapatkan dukungan dari Pimpinan Cabang Aisyiah Pulung dalam kegiatan pengabdian
kepada masyarakat ini. Mitra akan membantu mengumpulkan guru-guru baik internal maupun eksternal
lembaga. Sedangkan PCA membantu mensosialisasikan adanya program pengabdian masyarakat ini. Program
pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini mempunyai dua target yaitu mitra PKM dapat meningkatkan
pelayanan sekolah khususnya bagi proses dan kreatifitas pembelajaran serta bagi pelaksana yaitu artikel
proceeding ISBN dari seminar nasinal pengabdian masyarakat UAD, video Ringkasan proposal pengabdian
dibuat 3 alenia tidak lebih dari 500 kata yang berisi: (a) alenia pertama memuat permasalahan dan tujuan
pengabdian, (b) alenia kedua memuat solusi, metode pelaksanaan, rencana kegiatan, dengan menyertakan
bentuk keterlibatan dan peran serta AUM dan (c) alenia ketiga memuat target luaran yang akan dicapai sesuai
dengan skema PkM dan mengintegrasikan nilai AIK. Ringkasan juga memuat uraian secara cermat dan singkat
rencana kegiatan yang diusulkan, ditulis dengan jarak satu spasi. saat pelatihan yang diupload di YouTube
LPPM UAD, dan pemberitaan di media massa Kedaulatan Rakyat. Program pengabdian kepada masyarakat
(PKM) ini mengintegrasikan dengan nilai AIK 4; Islam dan Ilmu Pengetahuan.