ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA LEMBAGA PAUD

Authors

  • Noormawanti Universitas Muhammadiyah Metro
  • Lusi Marlisa Universitas Muhammadiyah Metro
  • Annisa Firdausyi Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

lembaga paud, pembelajaran, tatap muka terbatas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran tatap muka terbatas pada lembaga PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru TK An-Nawawi Kota Metro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di lembaga PAUD dapat dilaksanakan dengan: menerapkan protocol kesehatan, mulai dari pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan sekolah, mencuci tangan dan menjaga jarak tempat duduk didalam kelas, perencanaan pembelajaran RPPH yang disesuaikan dengan kondisi pandemi; pelaksanaan pembelajaran dengan menitikberatkan pada penyampaian materi sesuai tema harian,  mengadakan penilian/ evaluasi yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada; dan menataati protokol kesehatan. Kegiatan pembelajaran tatap muka tetap berlangsung normal meski ketersediaan waktu yang terbatas. Dalam tahap penilaian guru tetap melakukan evaluasi pengamatan/observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, penilaian hasil karya, dan pencatatan anekdotlembaga paud

Downloads

Published

2022-08-10