PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS ETNOSAINS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MATA PELAJARAN FISIKA: STUDI LITERATURE

Authors

  • Widayanti Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda, Palembang, Indonesia
  • Khusnatul Amaliah Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Nurul Huda, Palembang, Indonesia
  • Andrew Kurniawan Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda, Palembang, Indonesia
  • Ainun Ummi Sholikahah Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda, Palembang, Indonesia

Keywords:

E-modul, etnosains, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan e-modul berbasis etnosains pada sekolah menengah atas (SMA) mata pelajaran fisika. Metode yang digunakan pada penelitian berupa studi literature. Data yang digunakan berupa referensi beberapa jurnal yang di analisis secara inklusi dan eksklusi sehingga diperoleh referensi sesuai dengan tujuan yang akan di capai. Terdapat 4 artikel yang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) materi fisika yang diterapkan pada penelitian e-modul berbasis etnosains yaitu pengukuran, suhu dan kalor, 2) indikator ketercapaian yang diukur pada referensi yang dianalis yaitu berpikir kritis dan berpikir kreatif. Adapun rekomendasi untuk peneliti selanjutnya agar lebih membuat e-modul berbasis etnosains lebih menarik dapat berupa e-modul interaktif dan perlu pengembangan pada materi fisika SMA yang lain

Downloads

Published

2022-08-10