PELATIHAN PEMBELAJARAN SAINS SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Muhammad Akil Musi Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Yusri Bachtiar Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Herlina Universitas Negeri Makassar

Keywords:

pelatihan, metode, pembelajaran;, ains, anak usia dini

Abstract

Pelatihan pembelajaran sains ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilatarbelakangi pentingnya literasi sains bagi pendidik pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). Selain itu, masih rendahnya literasi sains bagi guru pendidikan anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode diskusi dan tanya jawab serta praktek dan simulasi pembelajaran sains melalui kegiatan percobaan yang dilaksanakan di KB Mubarak Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Peserta dalam kegiatan ini yang bertindak sebagai mitra terdiri atas 1 orang pengelola dan 3 orang tenaga pendidik. Sebelum dilakukan kegiatan pelatihan, terlebih dahulu dilakukan analisis kebutuhan sebagai dasar untuk mengembangkan model pelatihan serta materi yang sesuai dengan kemampuan mitra. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menunjukkan respon yang positif terhadap cara menerapkan model pembelajaran sains yang ditandai peran aktif untuk bertanya serta mengungkapkan masalah-masalah yang dialami dalam pembelajaran sains. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan guru tentang konsep dan impelementasi pembelajaran sains dalam satuan pendidikan anak usia dini.

Downloads

Published

2022-08-10