PENDAMPINGAN GURU DALAM PEMBUATAN RPP TERINTEGRASI AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN

Authors

  • Sutrisni Andayani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Marzuki Noor Universitas Muhammadiyah Metro
  • M. Ihsan Dacholfany Universitas Muhammadiyah Metro

Keywords:

Al- Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendampingan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

SMP Muhammadiyah 3 Metro merupakan mitra pengabdian kepada masyarakat, yang menerapkan Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK) sebagai penciri sekolah Muhammadiyah. Penerapan AIK dilakukan dalam bentuk mata pelajaran maupun kegiatan pembelajaran di sekolah. Namun demikian pengamalan siswa dalam AIK masih kurang dan guru belum terampil mengitegrasikan AIK dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlunya AIK diintegrasikan pada kegiatan pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah: 1) Mitra memiliki pengetahuan dalam pembuatan RPP terintegrasi AIK dan 2) Mitra memiliki ketrampilan dalam pembuatan RPP terintegrasi AIK. Metode pengabdian meliputi: 1) Sosialisasi, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang RPP terintegrasi AIK, 2) Workshop,  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam pembuatan RPP terintegrasi AIK berupa materi pembuatan RPP terintegrasi AIK, 3) Pendampingan, dilakukan melalui pembimbingan kepada guru dalam mengintegrasikan nilai AIK ke dalam RPP dengan menukil ayat Qur’an/Hadits sesuai materi, menuliskan sikap religius dan ayat motivasi. Penukilan ayat Al-Qur’an/Hadist dilakukan dengan memilih pada daftar isi Al-Qur’an/Hadist atau pencarian melalui google dan dituliskan pada kolom rujukan Qur’an/Hadist pada RPP.  Hasil kegiatan diperoleh bahwa mitra merasa tertarik, memperoleh pengetahuan dan ketrampilan mengintegrasikan AIK ke dalam RPP. Saran yang diberikan hendaknya para guru membuat RPP terintegrasi AIK lebih banyak dan menerapkannya dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-08-10