MODERNISASI PERNIAGAAN PRODUK BARANG KEBUTUHAN POKOK

Authors

  • Putu Yudi Wijaya 1Fakultas Ekonomi Bisnis dan Pariwisata-Universitas Hindu Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Ni Nyoman Reni Suasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Udayana, Denpasar, Indonesia
  • I Kadek Noppi Adi Jaya Fakultas Teknologi Informasi dan Sains-Universitas Hindu Indonesia, Denpasar, Indonesia

Keywords:

modernisasi perniagaan, produk kebutuhan pokok, UMKM, website e-commerce

Abstract

Penjualan produk secara online terus mengalami peningkatan pada masa pandemi COVID-19, termasuk produk kebutuhan pokok. Ancaman dan persaingan usaha penjualan sembako juga dialami oleh salah satu UMKM yang bergerak dalam penjualan produk sembako, yaitu YBS Supplier & Logistics. YBS Supplier & Logistics menyediakan produk daging potong dan belum memanfaatkan teknologi informasi dalam perniagaan produknya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melakukan modernisasi perniagaan dengan penyediaan e-commerce bagi YBS Supplier & Logistics. Data-data dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun metode atau tahapan analisis dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan data analysis spiral. Sedangkan penerapan e-commerce dilakukan melalui tahap eksplorasi, instalasi, implementasi, ekspansi, dan pelatihan. Mitra telah memperoleh manfaat dari penggunaan website e-commerce ini, baik dalam perniagaan, perluasan market share dan lini produk, serta peluang inovasi. Hasil survei terhadap konsumen pengguna website e-commerce juga menunjukkan responyang bai katas adanya website e-commerce. Kendala utama implementasi website e-commerce adalah pada keterbatasan kemampuan pengelolaan web dan harga kebutuhan pokok yang cenderung fluktuatif sehingga menyulitkan dalam penyajian informasi harga. Namun hal tersebut telah diatasi dengan menampilkan range harga produk.

Downloads

Published

2022-08-10